13 April 2012

Mencoba Aptana Studio IDE

follow article
 

APTANA LOGOKali ini saya akan membicarakan tentang Integrated Development Environment (IDE), yaitu suatu software aplikasi yang menyediakan fitur komprehensif untuk mempermudah pemrograman komputer. Berbeda dengan text editor yang sederhana, IDE biasanya dilengkapi fitur autocomplete suggestion, testing, debugging, dll.

Selama ini saya menggunakan Netbeans IDE, tapi belakangan kurang puas. Ketika mengedit suatu file, awalnya terasa cepat, tapi di tengah jalan, bisa berubah lambat, bahkan berasa hang. Hari ini ingin mencoba IDE baru, browsing rekomendasi, beragam jawabannya, ada tiga IDE yang sepertinya menarik dicoba: NeptunIDE, PHPStorm, dan Aptana.

Meluncur ke NeptunIDE, ternyata masih beta dan tidak ada link download.  Beranjak download Aptana, klik button download, OS langsung terdeteksi, ditawarkan Aptana Studio 3.0.9 Linux, x86. Saya pilih standalone version.

Selesai download (dalam bentuk zip), langsung saya extract. Wew, ternyata tak perlu langkah-langkah instalasi, bisa langsung pakai.

Dibanding Netbeans yang saya pakai selama ini, proses louncher terasa lebih cepat. Saya coba untuk create new project, kemudian import project existing di filesystem ke project yang baru dibuat. Sejauh ini performance-nya cepat, autocomplete suggestion-nya  juga muncul dengan cepat. Dilengkapi dengan terminal, ini memudahkan saya yang sering menjalankan comand console, mau bake (cakePHP) juga bisa langsung. Support git dan remote juga, saya bisa remote project via ftp maupun sftp.

Mmmm.. bolehlah, sementara ini performance-nya memuaskan. Nanti saya review lagi kalau sudah pakai selama seminggu dua minggu, apakah ada yang ngga sreg atau gimana.

APTANA IDE

follow article


Ada 2 komentar untuk artikel ini

Wah aptana... mirip eclipse mas... :D heheh
 
Namiyanto
from (Unknown Country?)
on Mozilla/5.0 (Windows NT 5.1; rv:11.0) Gecko/20100101 Firefox/11.0
eko masih pake eclipse? jadi inget dikenalin eclipse ama pak harry waktu di mweb, tapi aq udah lama ga pake, terakhir taon 2008, waktu masih di sam. seingatku eclipse ga dilengkapi fitur console. CMIIW
 
Rijal Asep Nugroho
from (Unknown Country?)
on Mozilla/5.0 (X11; Ubuntu; Linux i686; rv:11.0) Gecko/20100101 Firefox/11.0
 

Leave Comment

<i>, <u>, <b> and <a>

Captcha


Reload image